EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Dukungan Irak Pada Obama Membesar

leave a comment »

Selasa, 22 Juli 2008

Dukungan dari para pemimpin Irak terhadap Barack Obama, soal jadwal penarikan mundur pasukan AS dari Irak, semakin besar. Hal itu diutarakan PM Irak Nuri al-Maliki dan Presiden Jalal Talabani.

Juru bicara PM Al Maliki, seusai pertemuan dengan senator Illinois itu pada Senin (21/7), mengungkapkan bahwa kedua pihak sepakat soal landasan umum soal jadwal penarikan itu. Al Maliki juga menyampaikan pandangan umum tentang kondisi keamanan di Irak yang membaik dengan berkurangnya aksi kekerasan. “Kami berharap pada 2010 pasukan AS sudah ditarik dari Irak,” kata Ali al-Dabbagh seusai pertemuan Obama dan al-Maliki.

Wakil Presiden Irak Tariq al-Hashemi seusai pertemuan itu juga mengatakan, mereka berbicara panjang lebar soal jadwal penarikan pasukan itu. “Kami pasti senang kalau bisa menyepakati, misalnya, tanggal 31 Desember 2010, sebagai hari pemberangkatan unit tempur terakhir pasukan AS dari Irak,” kata al-Hashemi.

Namun itu mengatakan jadwal itu bisa saja berubah tergantung pada ancaman keamanan dan pelatihan terhadap pasukan dan polisi Irak. Kalau disepakati, tanggal itu berarti sekitar tujuh bulan lebih lama dari waktu yang ditawarkan Obama.

Obama tidak mengatakan apa pun pada rombongan wartawan yang menyertainya dalam kunjungan itu. Ia berjanji akan menyampaikan pernyataan yang lengkap setelah kunjunganya di Irak selesai dan menuju Yordania dan Israel.

Ia mengeluarkan pernyataan tertulis, Senin malam, bahwa Irak menginginkan jadwal penarikan dengan tanggal yang jelas soal kapan pasukan AS ditarik. Kata Obama, menurut Al Maliki, meski rakyat Irak sangat menghargai pengorbanan prajurit Amerika, mereka tidak menginginkan kehadiran militer AS yang terbuka.

“Perdana menteri mengatakan ini saat yang tepat untuk merencanakan reorganisasi pasukan kita di Irak, termasuk jumlah dan misinya,” kata Obama dalam pernyataan bersama dengan Senator Chuck Hagel dan Jack Reed yang menemaninya. Ketiga senator itu juga mengakui adanya penurunan intensitas aksi kekerasan di Irak dan ada kemajuan dalam proses politik, rekonsiliasi, dan pembangunan ekonomi di Irak.

Copy by : Hasyim Ibrahim (Rengas Dengklok – July 2008)

Iklan

Written by Hasyim

Juli 22, 2008 pada 8:32 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: