EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Community Development

leave a comment »

KEGIATAN KEMASYARAKATAN YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN

Sudah menjadi suatu kewajiban bagi setiap perusahaan untuk peduli dengan lingkungan dan masyarakat sekitar. Apalagi bagi perusahaan  pertambangan yang memang dalam kegiatan kesehariannya tidak akan lepas dari interaksi dengan masyarakat. Berbagai kegiatan dan bantuan pun tidak berhenti mengalir, misalnya saja rehabilitasi lahan bekan tambang, pengembangan usaha kecil untuk masyarakat, pembangunan sarana dan prasarana hingga bantuan untuk masyarakat dalam berbagai bentuk. Misalnya dengan mengadakan kegiatan sunatan massal.

“Hei sunatan massal Aha aha… Sunatan massal Aha aha… Ditonton orang berjubal jubal Banyak tercecer sepatu dan sandal
Hei hari bahagia Aha aha… Bersuka ria Aha aha… Ada yang berjoget tari India Stambul cha-cha dan tari rabana.”

Kumpulan kata di atas adalah penggalan lirik lagu sunatan massal dari Iwan Fals yang menggambarkan bagaimana meriah dan hiruk pikuknya kegiatan sunatan massal. Susana yang tergambar oleh lirik lagu tersebut baru-baru ini dilaksanakan oleh PT Adaro Indonesia pada awal Juli di Kabupaten Balangan. Kegiatan sunatan massal tersebut terlaksana berkat kerjasama Community Development (CD) dengan Dinas Kesehatan dan TP PKK Kabupaten Balangan.

Sunat atau sirkumsisi, secara harfiah adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis.Dari sisi kesehatan sunat terbukti dapat menurunkan risiko terkena infeksi saluran kemih, kanker penis, phimosis, paraphimosis, dan candidiasis. Kegiatan sunatan/khitanan  massal yang berpusat di SDN Dahai Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan ini setidaknya pada acara tersebut telah mengkhitan 100 orang anak. Antusiasme masyarakat mengantarkan anak atau sanak familinya sangat tinggi dan sangat beralasan. Pasalnya kegiatan sunatan massal ini gratis dan setiap peserta juga mendapatkan paket berisikan susu, makanan ringan dan yang pasti sarung dan peci haji. Section Head Community Development PT Adaro Indonesia, Abdurahman menyatakan bahwa PT Adaro Indonesia melakukan kegiatan ini semata-mata murni untuk meringankan beban masyarakat.

Sebelum di Kabupaten Balangan, PT Adaro Indonesia bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK dan Lembaga Swadaya Masyarakat di Kabupaten Tabalong dan HSU juga telah melaksanakan sunatan massal. Jumlah total anak yang telah disunat sebanyak 493 orang dengan  300 anak di Kabupaten Tabalong, 93 anak di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan terakhir 100 anak di Kabupaten Balangan.

Disadur ulang oleh : Hasyim Ibrahim (Bogor-Jawa Barat 2008)

Written by Hasyim

Juli 27, 2008 pada 2:53 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: