EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Mengendalikan Emosi

leave a comment »

Emosi dan perasaan akan bergolak dikarenakan dua hal ; kegembiraan yang memuncak dan musibah yang berat. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya aku melarang dua macam ucapan yang bodoh lagi tercela: keluhan tatkala mendapat nikmat dan umpatan tatkala mendapat musibah.

Dan Allah berfirman,

“(Kami jelaskan yang sedemikian rupa itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu”. (QS. Al-Hadid: 23)

Maka dari itulah, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya kesabaran itu ada pada benturan yang pertama”.

Barang siapa mampu menguasai perasaannya dalam setiap peristiwa, baik yang memilukan dan juga yang menggembirakan, maka dialah orang yang sejatinya memiliki kekukuhan iman dan keteguhan keyakinan. Karena itu pula, ia akan memperoleh kebahagiaan dan kenikmatan dikarenakan keberhasilannya mengalahkan nafsu.

Allah SWT menyebutkan bahwa manusia adalah mahluk yang senang bergembira dan berbangga diri. Namun menurut Allah, ketika ditimpa kekusasahan manusia mudah berkeluh kesah dan ketika mendapatkan kebaikan manusia sangat kikir.

Akan tetapi tidak demikian halnya dengan orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya. Karena merekalah orang-orang yang mampu berdiri seimbang diantara gelombang kesedihan yang keras dengan dan luapan kegembiraan yang tinggi. Dan mereka itulah yang akan senantiasa bersyukur tatkala mendapat kesenangan dan bersabar tatkala berada dalam kesulitan.

Wrote by : Hasyim (Klender-Jakarta August 2008)

Written by Hasyim

Agustus 1, 2008 pada 3:51 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: