EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

KAWASAN BERTEKNOLOGI TINGGI

leave a comment »

Pemerintah Arab Saudi telah meluncurkan sebuah proyek raksasa untuk mengubah kota Madinah al-Munawwarah menjadi kawasan berteknologi tinggi. Tak segan-segan, miliaran dolar telah digelontorkan kerajaan kaya minyak ini untuk mewujudkan proyek

yang disebut Knowledge Economic City (KEC) di kota kelahiran Islam dan makam Nabi Muhammad SAW itu. “Madinah adalah batu loncatan peradaban Islam,” kata Tahir Muhammad Bawazir, pimpinan KEC, kepada AFP.

Arab Saudi berharap proyek KEC akan mengubah Madinah menjadi medan magnet yang menarik para ilmuwan Muslim dan perusahaan-perusahaan yang ingin berbisnis dan menyokong pengembangan di semua sisi. “Ini adalah hal yang menarik untuk orang-orang yang tinggal di sini,” ujar Bawazir.

Proyek senilai 25 miliar riyal ini bertujuan untuk memantapkan katalisator ekonomi dan industri berbasis ilmu pengetahuan di Madinah dan menciptakan sebuah pusat bisnis alternatif dengan fasilitas-fasilitas dan infrastruktur yang lebih baik. Proyek itu juga bertujuan untuk menciptakan kawasan tujuan wisata yang didukung oleh taman bertema unik, keramahtamahan tingkat tinggi dan penawaran harga kelas dunia. “Kami menyebutnya dengan Kota Ekonomi karena mempunyai lebih banyak unsur-unsur di dalamnya.,” kata Amr al-Dabbagh, Gubernur Otoritas Investasi Umum Arab Saudi (SAGIA). “Kawasan itu akan menjadi tempat di mana orang dapat bekerja, menikmati hidup dan mencari uang.”

Pelaksanaan proyek itu bersamaan dengan booming-nya pendapatan Saudi dari kenaikan harga minyak yang sangat tajam dan tiba-tiba, dimana belum pernah terjadi sebelumnya. Negeri petro dolar itu memperoleh pendapatan 194 miliar dolar dari minyak di tahun 2007 dan diperkirakan dengan kombinasi pendapatan tahun 2008 dan 2009 akan berjumlah 700 miliar dolar, dengan meroketnya harga minyak mentah.

COPY@RIGHT-HASYIM-KRAWANG.AUGUST2008.

Written by Hasyim

Agustus 3, 2008 pada 1:15 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: