EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Semut Dan Kesuksesan

leave a comment »

Kita dapat mengambil pelajaran paling berharga yang dapat disaksikan dalam alam kesuksesan yaitu semut. Lihatlah bagaimana dia mengulang usahanya berkali-kali sehingga berhasil mencapai tujuannya. Dia mendaki pohon dan terjatuh, kemudian mendaki kembali dan terjatuh, hingga berhasil mendaki dan memperoleh tujuannya tanpa rasa letih dan lelah.

Apabila jalannya ditutup, dia mengambil jalan kanan atau kiri, apabila merasa susah untuk mendaki, dia mundur dan kembali mendaki dengan kekuatan yang lebih besar dari sebelumnya, barangkali dia menjauhi jalannya yang pertama disebabkan beberapa hambatan, akan tetapi dia tetap kembali menuju arah yang sama sehingga sampai ketujuannya.

Dia memiliki kekuatan luar biasa untuk terus menetapi tujuannya, tanpa ada rasa putus asa, sehingga dia dijadikan judul dari pemisalan ini. Sesungguhnya dalamkehidupan semut ada pelajaran bagi orang-orang yang berakal, berupa insting perjuangan, kesabaran, kekuatan tekad, istiqomah, dan tidak pernah putus asa.

Semut mampu menyimpan bahan makanannya pada musim panas untuk keperluan musim dingin, karena dia tidak banyak keluar pada musim dingin. Jika dia menyimpan biji-bijian, dan dia kuatir biji itu akan tumbuh, maka ia dengan izin Allah SWT (yang memberikan mahluk-Nya segala sesuatu) akan memotong bagian tengah pucuknya agar tidak bisa tumbuh.

Apabila di jalan yang biasa dilaluinya terhalang oleh genangan air hingga ia tidak dapat melewatinya, maka semut itu dengan pasukannya mampu membuat jembatan diatas air. Caranya dengan membuat jaringan sebagiannya dengan sebagian yang lain di atas lintasan air seperti jembatan. Maka, apabila semut itu lewat diatas jembatan yang terbentuk dari semut-semut itu ketepian lainnya. Maha Suci Allah yang memberikan makhluk-Nya segala sesuatu.

Apabila seekor semut mendapatkan sepotong daging atau kaki belalang, misalnya dia tidak mampu memikul atau mendorongnya sendirian, maka dia pergi ke sarangnya mengajak saudara-saudaranya yang lain untuk membantunya, hingga mereka berhasil membawa sepotong daging tersebut bersama semut tadi.

Wassalaam…..

(hasyim/2008)

Written by Hasyim

Agustus 7, 2008 pada 3:18 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: