EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Suasana Proklamasi Di Jalan Pegangsaan Timur – Jakarta

leave a comment »

Sejak pagi hari tanggal 17 Agustus 1945 di rumah Ir. Soekarno di Pegangsaan Timur (sekarang Jalan Proklamasi) No.56 telah diadakan persiapan-persiapan untuk menyambut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pemuda-pemudi Indonesia, khususnya Barisan Pelopor telah bersiap memenuhi halaman. Kurang lebih 1.000 orang hadir untuk ikut menyaksikan Proklamasi Kemerdekaan, suatu peristiwa yang maha penting bagi Indonesia.

Pukul 10 kurang lima menit, Drs. Mohammad Hatta telah datang dan langsung masuk rumah menemui Ir. Soekarno. Kedua pemimpin itu keluar menuju ruang depan. Acara dimulai pada pukul 10.00. Soekarno tampil kedepan mikrofon, mengucapkan beberapa kalimat pengantar lalu membaca dengan khidmat naskah Proklamasi yang diketik, dan yang telah ditandatangani bersama Hatta.

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l, diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen ‘05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta

Setelah pembacaan naskah selesai, acara diteruskan dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih yang dilakukan oleh pemuda Suhud dan eks cudanco Latief Hendraningrat, dengan disaksikan oleh segenap hadirin.

Upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dalam suasana yang sangat sederhana itu, telah sampailah bangsa Indonesia ke ambang pintu Kemerdekaannya. Dan satu persatu hadirin meninggalkan tempat itu dengan tenang, tetapi dengan tekad yang bulat untuk mempertahankan kemerdekaan itu. (Hasyim/2008).

Written by Hasyim

Agustus 7, 2008 pada 12:40 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: