EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Tulislah Sejarah Kita Sendiri

leave a comment »

Saya teringat kembali khutbah Jum’at yang di bacakan oleh khatib Hamidy Bararay yang mengutarakan hal mengenai lebah. Waktu itu adalah sholat jum’at kedua yang saya laksanakan di gedung utama (lantai 3) SMA Muhammadiyah 7 Sumbersari Kodya Malang semasa kuliah dulu tahun 1995. Lantai 3 SMA Muhammadiyah 7 memang khusus disediakan untuk sholat jum’at dan kegiatan keagamaan bagi siswa SMA maupun masyarakat sekitar sekolah.

Sang khatib tidak lain adalah kakak kandung saya sendiri yang waktu itu kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Malang, sekarang sudah menjadi Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Ende Flores NTT sejak tahun 2004.

Kembali kita ke mengenai isi khutbah tentang lebah, dimana muslim itu harus seperti lebah, semua yang dimilikinya bermanfa’at. Karena itulah kita akan mendapati seorang muslim sedang mendermakan harta dan makanannya, meminjamkan buku-buku keilmuan bagi orang yang ingin mengambil manfa’atnya, berdiri bersama dengan orang yang terkena musibah, membantu orang yang fakir, mengunjungi orang sakit, menghormati orang alim, membenci kezaliman, memperindah wajahnya ketika berhadapan dengan orang banyak, memperbaiki akhlaknya terhadap kaum muslimin dan membantu dengan kedudukannya.

Secara umum, dia menggunakan umurnya untuk melakukan kebaikan, tidak meninggalkan keutamaan yang mampu dikerjakannya, kecuali dia melakukan disertai dengan keinginan kuat untuk meninggalkan pengaruh kebaikan bagi orang setelahnya, baik berupa kitab bermanfa’at yang diwakafkan atau dikarangnya atau masjid yang dibangunnya atau sumur yang digalinya atau anak shalih yang ditinggalkannya atau pohon berbuah yang ditanamnya atau proyek kebaikan tempat dia menanam saham.(hasyim/2008).

Written by Hasyim

Agustus 11, 2008 pada 2:07 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: