EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Larangan Saling Mencaci Sesama Umat Manusia

leave a comment »

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Salawat dan salam semoga terlimpahkan kepada nabi kita Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan mereka yang mengikutinya sampai akhir zaman.

Sesungguhnya Allah SWT memerintahkan kita untuk berlaku adil dan berbuat baik, serta meninggalkan segala bentuk penganiayaan, kesewenangan dan permusuhan. Allah SWT telah mengutus Nabi Muhammad SAW dengan risalah yang juga telah diemban oleh para rasul sebelumnya, berupa seruan untuk bertauhid dan memurnikan ibadah kepada Allah SWT semata.

Allah SWT juga memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk menegakkan keadilan dan melarangnya dari segala bentuk ketidakadilan; baik berupa penyembahan selain Allah, atau perpecahan, perselisihan dan penganiayaan atas hak-hak orang lain.

Seorang muslim sebaiknya berusaha memahami perkataan saudaranya sesama muslim dan juga kaum non muslim dengan penafsiran yang paling baik. Sebagian ulama salaf pernah berkata : ” janganlah berprasangka buruk tentang sebuah pernyataan yang di ungkapkan oleh saudaramu sesama muslim atau kaum non muslim, sementara engkau dapat memahaminya dengan penafsiran yang baik”.

Dan Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Hujaraat ayat 12 : ” Hai orang-orang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa. Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian orang diantara kamu menggunjing sebagian yang lain”.

Semoga Allah SWT – yang hanya kepadaNya kita meminta – memperbaiki keadaan umat muslim dan kaum non muslim di seluruh dunia, menyatukan hati-hati kita dan memberikan taufiq-Nya, ridha-Nya yang bermanfaat bagi kita semua, menghindarkan kita dari pemicu-pemicu perpecahan dan pertentangan, dan menjadikan kita sebagai pembela kebenaran dan pemberantas kebatilan. Sesungguhnya hanya Allah SWT yang sanggup dan mampu melakukannya.

(hasyim/2008)

Written by Hasyim

Agustus 13, 2008 pada 2:07 am

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: