EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Wanita Tertinggi Dunia Meninggal (13/08/08)

leave a comment »

Seorang wanita yang tingginya 231,14 cm dan disebut-sebut sebagai perempuan paling tinggi di dunia meninggal, Rabu (13/8) waktu setempat, dalam usia 53 tahun.

Sandy Allen, yang memanfaatkan tinggi badannya untuk menginspirasi anak-anak sekolah agar menerima orang-orang yang berbeda, wafat di rumah perawatan di kota kelahirannya, Shelbyville. Hal ini dikatakan salah satu sahabatnya, Rita Rose.

Penyebab kematiannya sejauh ini belum diketahui. Namun, Allen dirawat di rumah sakit beberapa bulan terakhir ini setelah mengalami infeksi darah, diabetes, kesulitan pernapasan, dan gagal ginjal.

Menanggapi kematian itu, juru bicara Guinness World Records, Damian Field, dari London membenarkan bahwa Allen masih terdaftar sebagai perempuan tertinggi di dunia. Meski begitu, beberapa situs menyebut bahwa orang tertinggi di dunia berasal dari China dengan tinggi 236,15 cm.

Secara kebetulan, Allen tinggal di rumah perawatan yang sama dengan Edna Parker (115) di Heritage House Convalescent Center, yang oleh Guinness dinyatakan sebagai orang tertua di dunia sejak Agustus 2007.

Menurut dokter, Allen tumbuh besar karena ada tumor yang menyebabkan kelenjar pituitarynya memproduksi terlalu banyak hormon pertumbuhan. Ia menjalani operasi tahun 1977 untuk menghentikan pertumbuhan tubuhnya. Namun, ia sangat bangga dengan badannya yang tinggi. “Ia memanfaatkannya untuk mendidik masyarakat,” kata Rose.

Allen memang terbiasa tampil di televisi dan berbicara di rumah ibadah serta sekolah untuk mewartakan pesan bahwa menjadi orang yang berbeda bukan hal yang salah.

Setelah Allen terdaftar di Guinness sebagai perempuan tertinggi di dunia, ia mendapat peran di film Casanova karya Federico Fellini tahun 1976 sebagai Angelina sang Raksasa. Ia juga tampil di film dokumenter Kanada tahun 1981 berjudul Being Different serta di film TV berjudul Side Show tahun 1981.

Allen memiliki berat 2,9 kilogram saat lahir, Juni 1955. Pada usia 10 tahun, tingginya mencapai¬†187,5 cm dan pada usia 16 tahun mencapai 212,5 cm. Ia kemudian menulis surat kepada Guinness World Records tahun 1974, menanyakan apakah ada orang yang setinggi dirinya. “Tak perlu saya sampaikan bahwa kehidupan sosial saya sama sekali nol dan mungkin publikasi dari Anda bisa membuat hidup saya lebih cerah,” tulisnya.

Predikat sebagai perempuan tertinggi di dunia membantu Allen menerima tinggi badannya dan ia tidak lagi malu dengan kondisinya itu. “Pengalaman itu membuka keterkurungannya, dan bahkan ia bisa menertawakan dirinya sendiri,” kata Rose. (hasyim/2008)

Written by Hasyim

Agustus 14, 2008 pada 1:39 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: