EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Berita – Ende (01)

leave a comment »

Pabrik es berkapasitas 10 ton milik Dinas Perikanan Kabupaten Ende yang terletak di jalan Ikan Paus, Kelurahan Paupanda, Kecamatan Ende Selatan direncanakan akan beroperasi pertengahan Agustus atau awal September mendatang.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Ende, Ir Yosef Nduru mengatakan pabrik es tersebut dibangun sejak tahun 2007 dengan dana APBD. Karena dana kurang dilengkapi lagi dengan dana APBD 2008.Pabrik es kata Nduru, mampu memproduksi es 10 ton per hari atau sekitar 400 balok es dengan berat per balok es 25 kg. Selain tempat pembekuan es, pabrik es tersebut juga ada tempat ice storage ( tempat penyimpanan es yang kelebihan ) dan cool storage ( tempat pendinginan ikan khususnya sudah dipotong dagingnya ) dengan suhu minus 40 derajat Celsius.

Lebih lanjut Nduru menjelaskan mengapa dibangun pabrik es, karena selama ini setiap hari para nelayan selalu mengeluh soal persediaan es.Begitu ikan ditangkap , es yang tersedia kurang. Untuk mengantisipasi persediaan es, Pemerintah Kabupaten Ende melalui Dinas Perikanan dan Kelautan menganjurkan ke DPRD untuk membangun pabrik es yang terletak di dekat dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI ) dalam kompleks Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Ende.

Untuk mendukung pabrik es tersebut kata Nduru, telah tersedia armada penangkapan (perahu) sekitar 40 buah yang merupakan milik nelayan. Setiap hari hasil penangkapan bisa mencapai 6 – 7 ton berbagai jenis ikan seperti ikan tembang, ikan kombong, ikan cakalang, ikan tuna sirip kuning dan ikan tuna mata besar.

Sumber : http://www.endekab.go.id

Written by Hasyim

Agustus 15, 2008 pada 4:57 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: