EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Langkah Yang Tepat

leave a comment »

Sejumlah ulama menasehati : “Jangan pernah berhenti menulis, walaupun hanya dua baris sehari”. Dan apabila kita mematuhi, maka kita dapat memetik hasilnya. Hadits Rasulullah : “Sebaik-baik perbuatan adalah yang dilakukan seseorang secara terus-menerus walaupun sedikit”.

Kita sering menggerutu karena tidak sabar ingin melakukan apa saja dengan sekali jadi, yang kemudian itu membuat kita merasa capek dan bosan, lalu meninggalkannya. Padahal jika kita melakukannya sedikit demi sedikit, setahap demi setahap sesuai perencanaan kita, pasti kita akan mampu melalui fase-fase itu dengan tenang.

Anggaplah shalat sebagai contoh. Agama telah mensyariatkan dalam lima waktu yang terpisah-pisah, sehingga memungkinkan hamba untuk istirahat sejenak, dan merindukannya lagi pada saat menunggu waktu shalat berikutnya.

Seandainya sholat lima waktu digabungkan dalam satu waktu pasti akan membosankan. Dalam hadits disebutkan :“Sesungguhnya orang yang memaksakan diri itu tidak akan kuasa menahan keletihan punggungnya dan tidak akan mampu menyelesaikan jarak tempuh”.

Dari pengalaman nyata kita dapat menyimpulkan bahwa seseorang yang melakukan pekerjaan secara bertahap jauh lebih produktif daripada yang melakukannya sekaligus.

Sebuah tesis yang dikemukakan sejumlah ulama menyimpulkan : Shalat itu menertibkan waktu kita. Tesis ini mengambil makna dari firman Allah, “Sesungguhnya, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang beriman”. (QS. An-Nisa : 103).

Seandainya saja seorang hamba mampu membagi pekerjaannya yang menyangkut agama dan dunianya setelah lima waktu, niscaya dia akan mendapatkan waktu yang sangat luang.

Jika seorang pelajar atau mahasiswa mengalokasikan waktu sehabis shalat Subuh untuk menghafal ilmu apa saja, setelah shalat Zhuhur untuk membaca yang ringan-ringan, setelah Ashar untuk tulisan yang serius, setelah Maghrib untuk main dan perbincangan santai dan setelah Isya’ untuk membaca buku-buku kontemporer, hasil riset, jurnal dan berkumpul bersama keluarga dan kerabat, maka akan bagus sekali.

Dari dasar nuraninya, orang yang berpikir akan mendapatkan pertolongan dan cahaya. Sebagaimana yang telah difirmankan Allah SWT dalam Surah Al-Anfal: 29, ” Jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqan”.

(hasyim/2008)

Written by Hasyim

Agustus 15, 2008 pada 2:50 am

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: