EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Bulan Suci Ramadhan Yang Ampuh

leave a comment »

Bulan Ramadhan memang terbukti ampuh dalam menyatukan umat Muslim seluruh dunia. Dalam semangat itu pula Muslim Bosnia, Serbia, Macedonia, Montenegro, dan Slovenia  mengambil kata sepakat saat menentukan hari pertama puasa Ramadhan, yaitu pada tanggal 1 September.

“The Islamic Sheikhdom
dari Macedonia dan Dar al-Ifta dit Turki telah setuju untuk menyatukan hari besar peringatan dalam Agama Islam,”

“Kita mengikuti kalkulasi astronomi untuk menentukan awal dari kalendar bulan,” ujar Subhi Wassin, staf perwakilan Seikh Islam Bosnia seperti yang dikutip oleh situs berita IOL (11/8) lalu

“Karena itu hari pertama Ramadhan bagi Bosnia ditetapkan pada tanggal 1 September,” imbuhnya. Umat muslim di Bosnia kini mencapai 40 % dari total 3,8 juta populasi penduduk. Sementara tetangganya, Serbia dengan setengah juta Muslim juga akan memulai puasa dari fajar hingga matahari terbenam di hari yang sama.

“Kami ialah bagian dari Institusi Islam di Bosnia dan selalu berkordinasi dengan mereka di berbagai hal,” ungkap Hajrudin Balic, staf media dari institusi Sheik Islam Serbia.

Kroasia pun akan mengikuti ketentuan dari hasil observasi hilal yang telah dilakukan Bosnia tentang awal puasa.

Posisi bulan atau keberadaan hilal memang selalu menjadi isu kontroversial di seputar negara-negara Muslim, dan bahkan para kaum terpelajar pun terlibat dalam perdebatan tersebut.

Satu kelompok Muslim di wilayah dan negara lain mengikuti keberadaan bulan selama negara-negara tersebut berbagai waktu malam yang sama, wilayah Muslim di tempat lain berharap dan menunggu hasil ketetapan kalendar bulan yang dikeluarkan Arab Saudi.

Ada pula pihak ketiga, yang menolak kedua pandangan tersebut. Kelompok terakhir berpendapat jika pemerintah setempatlah yang harus mengobservasi keberadaan hilal dan menentukan kapan tepatnya awal puasa yang harus dipatuhi oleh seluruh Muslim di negara tersebut.

Persatuan

Umat Muslim Macedonia yang menyumbang 33 % dari 2 juta populasi akan mengikuti Turki dalam penentuan awal Ramadan. Presidensial Urusan Agama, Institusi keagaam tertinggi Turki telah mengumumkan melalui situsnya jika awal Ramadan akan jatuh tanggal 1 September.

Begitu juga Slovania, dengan 2,4 % populasi  Muslim dari total dua juta penduduk, dan warga Muslim Montenegro sejumlah 140.000 orang, sepakat pula dengan Turki dan Busnia dalam hal awal puasa.

“Kita ialah negara tetangga yang sangat berdekatan dan sangat salah bila ada ketidaksepakatan dalam awal puasa,” ujar Afrim Alija, seorang guru dari Sekolah yang berafiliasi dengan institusi para ulama Balkan.

Persatuan umat Muslim di negara-negara Balkan ialah prioritas utama bagi kami,” tegasnya lagi. (copy by : hasyim/2008)

Written by Hasyim

Agustus 16, 2008 pada 12:55 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: