EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Anda Tertarik Jadi Juragan BBM?

with 2 comments

Bisnis eceran bahan bakar minyak (BBM) lewat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bukan lagi monopoli pengusaha tertentu. Siapapun bisa membuka SPBU dengan membayar sejumlah dana jaminan.

Ada beberapa cara yang ditempuh untuk menjadi juragan BBM, bisa melalui PERTAMINA, PETRONAS, atau melalui perusahaan SHELL.

#1. Pertamina : dana persyaratan jaminan sebesar Rp. 100 juta ~ Rp. 500 juta. Besarnya dana jaminan tergantung pada volume bahan bakar minyak yang akan di distribusikan. Kisaran volume BBM yang bisa di distribusikan 30.000 ~ 50.000 kiloliter per hari. Pertamina memperluas fasilitas on line untuk proses perizinan, transaksi pembayaran dan pemantauan pasokan.

#2. Petronas : mewajibkan dana jaminan Rp. 300 juta bagi mitranya. Kemudian mitranya juga harus memiliki dana siaga Rp 1.2 miliar untuk biaya membeli BBM dari Petronas, mengisi minimarket dan dana pemeliharaan SPBU.

#3. Shell Indonesia : membuka kesempatan bagi pengusaha lokal untuk bermitra dan menyiapkan seluruh fasilitas SPBU. Bukan hanya menyediakan fasilitas fisik tetapi juga menyuplai produk, menetapkan standar dan memberi pelatihan. Shell mensyaratkan calon mitranya harus berpengelaman di bidang ritel, masih muda dan berenergi tinggi, alasannya karena SPBU Shell buka 24 jam dan memiliki jiwa customer services. Data-data persyaratan dikirim ke kantor Shell dan yang lulus akan diberikan training seputar manajemen pengelolaan SPBU.

(hasyim/2008)

Written by Hasyim

Agustus 20, 2008 pada 10:23 am

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Saat ini kesempatan bagi masyarakat untuk bisnis penyaluran BBM cukup besar, dihimbau kepada instansi terkait untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya bagi generasi muda. Selain itu pengawasan juga perlu dilakukan, sehingga tidak disalah gunakan oleh oknum-oknum tertentu.
    Untuk menjadi mitra dalam penyaluran BBM, walaupun sudah diberi kemudahan. Bagi masyarakt menengah masih cukup jauh angan ke sanah dan bagi yang banyak duit bisa menfaatkannya dan memenuhi pundi-pundi uang mereaka. Yang menjadi pertanyaan apakah bisa masyarakat seperti kami bisa menfaatkan kesempatan ini, mungkin dengan bantuan atau yang lainnya.

    Tupen Korpriandi

    Desember 7, 2009 at 3:49 pm

  2. Kalau untuk Petronas apa aja syarat2 nya, dan dengan siapa harus berhubungan (contact person)..?
    Terima kasih

    Eko

    Mei 29, 2011 at 12:52 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: