EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Siapa Perusak Alam Yang Paling Besar

with one comment

Pemantau perubahan iklim antar negara menemukan bahwa keanikan konsentrasi gas rumah kaca (GRK) akibat emisi karbon sebesar 379 ppm pada tahun 2005 telah mengakibatkan naiknya suhu bumi sebesar 0,54 derajat pada tahun 2007. Dan naiknya permukaan laut setinggi 0,5 mm setiap tahunnya. Padahal pada tahun 1997 telah ditandatangani Protokol Kyoto yang mewajibkan negara-negara maju untuk menurunkan konsentrasi GRK ke angka 350 ppm saja. Artinya kesepakatan Kyoto telah dilanggar oleh negara-negara maju tersebut.

Sekarang, siapakah yang paling bertanggungjawab?

1. Amerika Serikat sebagai penghasil emisi karbon terbesar tidak ikut serta dalam pelaksanaan kesepakatan Kyoto tersebut. Padahal data menunjukan bahwa setiap satu orang warga AS menghasilkan efek emisi GRK sebanding dengan 17 orang Maladewa, 19 orang India, 30 orang Pakistan, 49 orang Srilanka, 107 orang Bangladesh, 134 orang Bhhutan atau 269 orang Nepal. Lebih parah lagi, AS melalui presiden Bush menolak usulan negara G-8 untuk membantu proyek-proyek energi bersih di negara-negara miskin. Bahkan AS justru membiarkan Bank Dunia membantu proyek-proyek energi fosil (seperti minyak bumi, yang merupakan penyebab terbesar polusi dan pemanasan global).

2. Negara-negara maju (AS, Inggris, Australia, Kanada, dll) lepas tanggung jawab dalam mengurangi emisi GRK, bahkan melemparkan tanggung jawab itu kepada negara-negara berkembang dengan dana yang sangat minim. Peribahasanya habis manis sepah dibuang. Mereka mengeruk energi, mengeruk keuntungan ekonomi, dan meninggalkan dampak kerusakan alam di negara-negara berkembang begitu saja.

(hasyim/2008)

Written by Hasyim

September 2, 2008 pada 12:00 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ya amplop sapa si yang kurang kerjaan ngukur suhu bumi?heheheh

    priharin bgt de mari sama melestarikan bumi tercinta kita demi masa depan yang lebih baik

    aaNg manik

    Mei 22, 2009 at 12:21 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: