EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Camilan Atau Ngemil Yang Sehat

leave a comment »

Bagi sebagian orang, sulit untuk menghindari kebiasaan ngemil. Makanan berkalori tinggi biasanya menjadi sasaran empuk para pencinta camilan. Kebiasaan itu dikhawatirkan tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan, justru cenderung menjadi salah satu penyebab kelebihan berat badan atau obesitas.

Sebenarnya, mengonsumsi camilan boleh saja dilakukan. Sering orang merasa membutuhkan energi tambahan diantara waktu makan. Camilan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Asalkan cermat menghitung asupan kalori tambahan dari camilan yang Anda konsumsi, tidak heran jika Anda tetap mempertahankan berat badan Anda. Bahkan, Anda bisa memperoleh tubuh yang proporsional.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kebiasaan ngemil tetap membuat tubuh Anda sehat tanpa kelebihan berat badan, antara lain:

  • Hindari kecanduan ngemil

Tahukah Anda sekitar 23% pecinta camilan mengonsumsi kue kering dan keripik untuk memenuhi kecanduan ngemil ?

Pada dasarnya tidak ada masalah jika anda memanjakan diri dengan menyuplai berbagai makanan ringan, asalkan Anda juga memperhatikan dua hal penting, yakni mengontrol porsi makan dan olah raga. Berbagai makanan ringan dengan kandungan kalori 80-100 setiap kemasannya dapat dengan mudah Anda dapatkan di toko-toko pinggir jalan.

Anda pun dapat dengan mudahnya memuaskan hasrat ngemil tanpa memperhatikan kalori. Apalagi makanan-makanan tersebut tidak memerlukan lemari pendingin dan dalam kemasan yang kecil dan mudah dibawa-bawa kemana saja.

Untuk menghindari asupan kalori karena kebiasaan ngemil, pilihan yang tepat adalah membeli buah-buahan. Anda akan mendapatkan renyahnya potongan apel atau manisnya melon untuk memenuhi kebutuhan camilan manis di sore hari.

  • Waspada kalori cair

Sekiar 63% orang Amerika tidak menghitung minum sebagai cemilan. Jika Anda berpikir camilan adalah sesuatu yang dikunyah, Anda mungkin tidak akan menghitung kalori yang ada disetiap gelas minuman. Pada kenyataannya kalori yang terkandung dalam bahan cair pun harus dihitung.

Mulailah untuk menghitung jumlah kalori pada setiap minuman yang Anda minum. Anda pasti akan terkejut, begitu mengetahui jumlah kalori setiap cangkir yang anda minum. Pastikan Anda membaca terlebih dahulu informasi kalori pada kemasan.

Jika merasa haus, minumlah air putih dengan menambahkan irisan lemon, kiwi atau ketimun agar lebih menarik. Jika Anda masih belum merasa puas dan harus kembali pada minuman berkalori, pilihlah minuman yang berkadar dibawah 10 kalori setiap delapan ons penyajian.

  • Kalahkan godaan ngemil

Sebanyak 64% cemilan yang Anda konsumsi di luar kesadaran. Anda tidak akan pernah tahu kapan rasa lapar datang menyerang, entah saat Anda di kantor, di pusat belanja bahkan saat anda tengah menunggu janji dengan dokter, sangat penting bahwa rasa lapar yang bisa menyerang kapan saja harus diantisipasi.

Pastikan untuk selalu menyimpan makanan di tas anda. Misalnya, sekantung kecil stik wortel dengan krim kacang. Hal ini dapat membantu anda untuk menahan diri menuju toko makanan.

  • Hindari Makanan Digoreng

Seperti yang selalu ditekankan, ‘membiarkan diri Anda memilih apa yang disuka sesekali, bukan masalah’. Namun cobalah untuk hal yang lebih baik dengan menghindari sekantung keripik kentang. Pilihlah yang dibakar, Anda akan mendapatkan rasa yang sama namun dengan jumlah lemak dan kalori yang lebih sedikit.

Alternatif lain adalah dengan mengonsumsi kraker. Beberapa produk biskuit, tidak hanya dibakar tetapi juga banyak biskuit yang berbahan dasar gandum, tentunya hal ini sangat baik. Berat badan akan tetap ideal meski Anda pun juga ngemil.

  • Hitung Nutrisi

Kenyataannya 88% dari Anda menginkan nutrisi yang lebih setiap kali makan. Tidak  masalah ketika Anda berhasrat untuk menikmati sebatang cokelat, jika cokelat yang anda makan dengan isian buah-buah. Meskipun Anda tidak langsung memakannya, cokelat dengan isi buah akan tetap segar.

Tidak suka susu tapi Anda ingin memenuhi kebutuhan kalsium? Ambillah sepotong keju untuk memenuhi kebutuhan kalori. Jika ditempat kerja Anda ada lemari pendingin dan dapat menyimpan stok makanan, simpanlah beberapa jenis makanan segar seperti buah atau sayar dan beberapa biskuit untuk mengemil.

Membiasakan tangan Ada mengambil makanan-makanan bernutrisi tidak hanya mempertahankan kesehatan jantung tapi juga timbangan Anda.

sumber : msn.com

Written by Hasyim

Oktober 12, 2008 pada 2:58 am

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: