EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Mushaf Al-Qur’an Utsmani

leave a comment »

images

Tidak kurang dari 3 juta kitab suci Al Quran dicetak di Mushaf Alquran Utsmani, kota Madinah Munawarah, Arab Saudi. Para calon haji dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia, secara bergelombang terus mendatangi percetakan itu.

Saat menerima kunjungan calon haji kloter 16 asal Kabupaten Bogor, Jawa Barat, humas percetakan yang disebut sebagai percetakan Al Quran terbesar di dunia itu menjelaskan bahwa setiap tahun 3  juta Al Quran dicetak dalam 50 bahasa.

Hingga tahun 2008 sejak percetakan itu dibuka pada 1985 tidak kurang dari 240 juta Al Quran telah dicetak dan kemudian disumbangkan kepada sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Di percetakan itu pengunjung yang bisa masuk hanyalah kaum laki-laki dan diminta bergiliran setiap rombongan, mengingat daya tampung yang terbatas. Namun, tak jauh dari percetakan, kaum perempuan bisa mengetahui proses pembuatan dan latar belakang lainnya di sebuah perpustakaan yang disediakan.

Tidak diperbolehkannya kaum perempuan masuk untuk melihat langsung proses pembuatan Al Quran disebutkan karena alasan hukum agama yang dianut Pemerintah Arab Saudi.

hasyim/1429h

Written by Hasyim

November 17, 2008 pada 12:31 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: