EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Pasar Sukuk Dunia

leave a comment »

“Tidak ada lagi keraguan dalam keinginan kami untuk membentuk platform keuangan Islami di Hongkong,” ujar Eddie Yue, Kepala Deputi Otoritas Moneter Hongkong (HKMA) dalam sebuah forum Keuangan Islam seperti yang dikutip oleh IslamOnline melalui agen berita Bernama.

“Prioritas utama kami adalah mendorong dengan perkembangan pasar yang terikat dengan Islam,” papar Eddie.

Prinsip Sukuk, yang sejalan dengan pelarangan pembayaran dan penerimaan bunga, bekerja atas dasar bagi hasil keuntungan nyata.

Perusahaan yang mengeluarkan aturan Islami melakukan pembayaran terhadap investor dengan keuangan atau profit yang dihasilkan dari bisnis yang berjalan.

Tentu saja, itu tidak berlaku bagi uang yang diinvestasikan untuk alkohol, judi, pornografi, tembakau, perdagangan senjata, atau babi.

Yue meyakini saat ini adalah waktu yang matang bagi Hong Kong untuk menapak dalam industri perbankan Islam yang menanjak secara global.

“Kami percaya ini adalah saat yang baik untuk meletakkan dasar aturan yang diperlukan, sistem pajak, dan infrastruktur pasar,” ujar Yuen dalam forum sehari lagi.

Ia bersama tim di HKMA cukup yakin, keputusan memasuki industri keuangan Islam yang sedang booming akan membantu Hong Kong, yang telah lama dipandang sebagai jaringan finansial Asia, mengundang lebih banyak investor.

“Kami bisa memiliki banyak kesempatan untuk meraih investor dan bankir potensial Islami dari Timur Tengah juga Asia lain,” ujar Yue.

“Penambahan keuangan Islami sebagai segmen terbaru dalam sistem keuangan kami akan memberi nilai tambah Hong Kong, salah satu pusat perputaran investasi dan pemimpin dalam jaringan layanan keuangan di Asia.

Dengan demikian, Hong Kong akan melengkapi langkah negara tetangga Singapore, yang juga berencana meluncurkan fasilitas penerbitan Sukuk awal tahun depan untuk mempromosikan keuangan Islami.

Bagaimanapun keduanya akan menghadapi penantang terbesar dari tetangga Malaysia yang telah menjadi salah satu penghubung untuk sistem keuangan dan perbankkan Islami.

Pasar sukuk internasional telah meraih pertumbuhan hingga 111,9 milyar dollar dalam delapan tahun terakhir hingga 2008, dan diprediksiĀ  bertambah lagi 69 milyar dolar pada tahun 2008-2009, begitu ungkap International Islamic Financial Market (IIFM).

Kondisi itu menahbiskan keuangan Islam menjadi sektor dengan pertumbuhan tercepat dalam industri keuangan global. Diperkirakan asset total keuangan Islam seluruh dunia mencapai 1 triliun Dolar AS. Menurut perhitungan kasar IIFM, negara barat berperan mewakili 50 % dari pasar Sukuk dunia.

hasyim/1429h

Written by Hasyim

November 28, 2008 pada 3:32 am

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: