EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Harga Premium Dan Solar Turun

leave a comment »

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan penurunan harga premium dari Rp 5.000 per liter menjadi Rp 4.500 per liter dan harga bahan bakar solar dari Rp 4.800 per liter menjadi Rp 4.500 per liter.

Harga baru itu mulai berlaku 15 Januari 2008 mendatang, demikian pengumuman yang disampaikan usai sidang kabinet terbatas di ruang sidang kabinet Kantor Presiden Jakarta, Senin (12/01) petang.

Penurunan premium ini berarti sebesar 25 persen sejak 1 Desember 2008. Sementara penurunan harga solar berarti 18,2 persen sejak 1 Desember 2008. Sedangkan harga minyak tanah tetap pada Rp2.500 per liter,” kata Presiden di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Presiden Yudhoyono, usai sidang kabinet terbatas, juga mengumumkan penurunan tarif dasar listrik (TDL) untuk industri dengan meringankan biaya pokok pada saat puncak.

“Penurunan TDL ini diharapkan bisa mendorong penurunan harga barang dan jasa karena untuk industri tertentu akan ada penurunan ‘cost of production’ (biaya produksi). Dengan penurunan TDL ini kita harapkan dapat menurunkan harga satuan yang dijual ke masyarakat,” katanya.

Presiden juga mengatakan penurunan harga BBM akan diikuti dengan penurunan tarif angkutan sekitar 10 persen, terutama untuk penentuan tarif yang diputuskan oleh pemerintah pusat dalam hal ini menteri perhubungan.
“Penurunan tarif ini berlaku mulai 15 Januari sama dengan waktu penurunan harga BBM,” tegasnya.

Sementara untuk penetapan tarif angkutan oleh Pemda, menurut Presiden menjadi kewenangan mereka namun diharapkan Pemda juga melakukan jumlah nilai penurunan tarif yang sama hingga bisa meningkatkan daya beli masyarakat.

Kepala Negara menambahkan kebijakan ini bisa menurunkan harga daging sapi menjadi kisaran Rp50.000 per kilogram dari posisi ini sekitar Rp62.000 per kilogram. “Berapa penurunannya harga daging sapi terpulang pada mekanisme pasar, tapi pemerintah mendorong dengan kebijakan yang konkrit,” katanya.

Presiden juga mengumumkan kebijakan untuk mengeluarkan insentif agar bisa menurunkan harga minyak goreng terutama minyak goreng curah dari Rp10.000 per liter menjadi Rp7.000 per liter. Khusus untuk masyarakat miskin akan dikeluarkan minyak goreng curah dalam kemasan khusus dengan harga Rp6.000 per liter. Presiden Yudhoyono mengatakan akan mengupayakan agar harga susu dan obat-obatan terutama obat generik dapat turun.

Hadir dalam sidang kabinet terbatas itu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Widodo AS, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menko Perekonomian Sri Mulyani, Mendag Mari Elka Pangestu, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Menperin Fahmi Idris, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi.

hasyim/1430h

Written by Hasyim

Januari 12, 2009 pada 1:46 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: