EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Ekspansi PT. Sharp Electronics Indonesia (SEID)

leave a comment »

SHARP ALEXANDRIA SLIM SERIES

Sharp Akan Ekspor TV ke Afrika dan India

Sharp Electronic Indonesia (SEID) berencana berekspansi. Salah satu produsen eletronik rumah tangga itu berencana mengekspor televisinya ke Afrika dan India. Rencana itu akan segera direalisasikan tahun ini. Produk yang akan diekspor adalah televisi Alexander Slim Iioto layar 21 dan 29 inci.

”Kualitas produk kita tak kalah dengan buatan luar negeri. Apalagi televisi ini memiliki kualitas suara yang bagus (Iioto) dan desain yang menarik. Kenapa dipilih Afrika dan India, karena kedua negara tersebut memiliki karakter yang sama dengan Indonesia. Sama-sama menyukai suara yang keras dan besar,” ungkap Presiden Direktur PT Sharp Electronic Indonesia (SEID), Fumihiro Irie, sesuai peluncuran televisi Alexander Slim II, di Jakarta.

Televisi Alexander Slim merupakan produk rakitan dalam negeri yang disesuaikan dengan permintaan konsumen Indonesia (local fit). Televisi ini tidak diproduksi di pabrik-pabrik Sharp lain di luar negeri. Salah satu fitur yang disesuaikan dengan permintaan konsumen lokal adalah kualitas suaranya yang keras dan kuat.

Selama ini, lanjut Irie, permintaan televisi CRT ke Afrika dan India dipasok dari pabrik Sharp di Malaysia. Sebagian dari produk yang dikirim ke Afrika, merupakan produk Indonesia. Ke depannya, SEID berharap bisa mengekspor langsung kekedua negara tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Manajer Televisi CRT SEID, Ardy. Menurutnya, SEID telah mengekspor televisiĀ  selama beberapa waktu. Namun, prosentasinya sangat kecil jika dibandingkan dengan total produksi televisi yang dihasilkannya.

”Ekspor televisi kita hanya lima persen saja,” akunya. Selebihnya, ditujukan untuk memenuhi permintaan dalam negeri.

Permintaan televisi di Indonesia tahun 2009 mencapai 4 juta unit. Dari jumlah tersebut, 78,5 persen atau 3,1 juta unit merupakan pasar televisi layar datar, termasuk Slim TV.

Dari total pasar televisi, Sharp menguasai pangsa pasar sebesar 33 persen atau 1,3 juta unit untuk semua kategori televisi. Sementara untuk pasar TV Flat Slim, Sharp menargetkan pangsa pasar sebesar 30 persen atau 600 ribu unit per tahun.

Untuk mencapai target penjualan, SEID meluncurkan produk terbarunya, Alexander Slim II. Produk yang tersedia dalam 12 model dengan ukuran 21 dan 29 inci tersebut dipasarkan dengan kisaran harga Rp 1,4 juta-Rp 2,8 juta.

”Bulan pertama, kami menargetkan penjualan sebanyak 15 ribu unit. Ini untuk melihat respon pasar terhadap produk. Namun setelahnya kami menagetkan terjual 20-25 ribu unit per bulan,” kata Ardy.

sumber : marketing@sharp-info.co.id

Written by Hasyim

April 10, 2009 pada 2:43 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: