EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Printer Braille Untuk Tunanetra

leave a comment »

Universitas Indonesia (UI) kini memiliki printer braille yang dapat digunakan mahasiswa penyandang tunanetra untuk mencetak hasil tulisannya di komputer. “Dengan adanya printer itu, calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan fisik, khususnya tunanetra tidak perlu minder atau takut untuk belajar di UI,” kata Kepala Pusat Kajian Disabilitas Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI, Irwanto, di Depok, Jawa Barat, Jumat (26/6).

090627tekno-printer

Nilai investasi pengadaan printer braille itu mencapai Rp 90 juta. Sebelumnya UI telah memiliki komputer bicara dan scanner dengan perangkat lunak open book yang mampu menghasilkan scanning file bagi tunanetra. Dekan Fisip UI Bambang Shergi Laksmono berharap, isu tentang disabilitas tidak hanya diangkat oleh Fisip UI saja, melainkan juga diusung oleh satu unit kelembagaan yang lebih besar, yaitu Rektorat UI.

Sementara Sekretaris Rektorat UI Ketut Surajaya menjelaskan, kedepannya seluruh mahasiswa UI yang memiliki kemampuan terbatas dapat belajar di UI dengan nyaman. Hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan gedung UI yang secara perlahan menerapkan konsep rancangan universal.

Wakil Kepala Hubungan Masyarakat UI Devie Rahmawati mengatakan, saat ini ada 12 mahasiswa penyandang cacat  yang belajar di UI. Tiga di antaranya adalah mahasiswa tunanetra yang sedang menempuh studi Sastra Inggris, Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan Ilmu Hukum.

tekno-printer

Written by Hasyim

Juni 27, 2009 pada 3:38 am

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: