EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Pesona Wisata Buleleng Bali

leave a comment »

Buleleng

Kabupaten Buleleng terletak di bagian paling utara Pulau Bali yang mempunyai wilayah terluas diantara 9 kabupaten dan kota di Bali/ yaitu hampir 1/3 luas Pulau Bali (± 1365,88 hektar) dengan batas / sebelah barat Kabupaten Negara; sebelah selatan Kabupaten Tabanan, Badung, dan Bangli; sebelah timur Kabupaten Karangasem dan sebelah utara Laut Jawa dan Bali.

Seperti halnya dengan Bali pada umumnya, Buleleng beriklim tropis dengan curah hujan rata-rata 1365 mm pertahun, musim hujan berkisar antara bulan Oktober s/d April sedangkan kemarau antara bulan April s/d Oktober.

buleleng 2

Kabupaten Buleleng yang meliputi area 1370 km 2 terbagi atas 9 kecamatan yaitu Kecamatan Tejakula, Kubutambahan, Sawan, Buleleng, Sukasada, Banjar, Busungbiu, Seririt dan Gerokgak yang terdiri atas 127 desa, 19 kelurahan dan 166 buah desa adat.

buleleng 4

Sesuai dengan Perda, Propinsi Bali Nomor 4 tahun 1999 bahwa di Kabupaten Buleleng telah ditetapkan menjadi 2 buah kawasan Pariwisata yaitu Kawasan Pariwisata Kalibukbuk yang lebih terkenal dengan sebutan Kawasan Lovina yang mempunyai luas pengembangan 3.542 Ha yang meliputi 7 buah desa yaitu : Desa Pemaron, Tukad Mungga, Anturan, Kalibukbuk, Kaliasem, Temukus, Tigawasa dan Kawasan Pariwisata Batu Ampar yang terletak di sebelah barat Bali Utara dengan luas pengembangan 14.124 Ha, yang meliputi 5 buah desa yaitu : Desa Penyabangan, Bonyupoh, Pemuteran, Semberkima, dan Pejarakan.

buleleng 1

Penduduk Buleleng pada tahun 2006 tercatat 618.076 jiwa dengan perbandingan 305.198 jiwa laki-laki dan 312.878 jiwa perempuan, dengan jumlah kepadatan per km 2 adalah 453 orang.

Sampai dengan tahun 2006, di Kabupaten Buleleng telah didukung dengan sarana perhubungan darat berupa jalan raya sepanjang 1.139,88 km dengan rincian Jalan Nasional 155,75 km, Jalan Propinsi 105,88 km, Jalan Kabupaten 878,19 km/ disamping perhubungan darat Kabupaten Buleleng juga memiliki perhubungan laut berupa Dermaga Pelabuhan Celukan Bawang di Kecamatan Gerokgak, Pelabuhan Tradisional Sangsit di Kecamatan Sawan / khusus untuk bongkar muat barang .

buleleng 3

Diantara Kabupaten di Bali kecuali Kabupaten Badung, Buleleng juga telah dilengkapi dengan sarana perhubungan udara berupa Air Strip Letkol Wisnu di Desa Sumberkima Kecamatan Gerokgak yang diharapkan dapat mempelancar aksesibilitas ke daerah Buleleng.

Sumber : situs resmi kabupaten Buleleng

Written by Hasyim

September 8, 2009 pada 10:05 am

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: