EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Blackberry 9700 ONYX

with 2 comments

Siap-Siap Kepincut Blackberry Onyx

Research In Motion (RIM) melalui T-Mobile segera memperkenalkan garapan teranyarnya, Blackberry 9700 atau yang diberi kode Onyx pada 11 November mendatang. Pada produk paling gress itu, RIM menyertakan teknologi 3G dalam piranti.

Keberadaan fitur itu memang kerap membuat gemas para pengguna dan pemerhati Blackberry. Pasalnya, hanya tipe Bold dan Javelin yang mengusung 3G, terlepas RIM menyasar kalangan bisnis dan profesional yang cenderung mobile.

Persis garapan sebelumnya, Gemini, Blackberry Onyx tidak lagi menggunakan trackball pad. Tentu ini menjadi menarik, RIM nampaknya memperhatikan perkembangan kompetitornya yang menangguk sukses dengan gadget mirip Blackberry minus track ball tapi dengan diimingi fitur 3G.

Menurut sejumlah versi yang beredar di internet, BlackBerry 9700 (Onyx) bisa dikatakan penyegaran versi Blackberry Bold. Fitur-fiturnya memang berbeda jauh, seperti 3G, WiFi dengan UMA, Telenav GPS dan kamera 3.2 MP. Sebagai tambahan, Onyx juga dilengkapi dengan jack 3.5 mm dan slot khusus memori eksternal versi mikro SD.

Tak hanya itu, Blackberry ini akan dibekali layanan mobile applications dari Blackberry App World, termasuk MP3 store yang didukung Amazon.com. Dengan begitu, pengguna tidak akan lagi kebingungan untuk meracik setiap aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian pengguna.

“Onyx memang sengaja didesain guna memenuhi keinginan pengguna,” tulis juru bicara T-mobile seperti yang dikutip dari CIO.com, awal pekan ini.

Perdebatan

Isu tentang proyeksi Onyx yang akan meluncur tahun ini memang sudah lama beredar. Bahkan beberapa situs menyatakan, Blackberry 9700 yang bakal dirilis November mendatang sebenarnya bukanlah versi baru, melainkan versi dari Blackberry 9020.

Situs BlackberryCool.com misalnya, menyakini hal itu dengan dilandasi beberapa asumsi. Pertama, RIM seringkali mengubah seri ponsel sebelum dirilis. Bukti selanjutnya, spesifikasi Blackberry 9700 dengan 9020 setali tiga uang.

Terakhir, situs itu lalu membandingkan fisik kedua piranti itu melalui foto yang beredar di dunia maya. Hasilnya, terdapat kemiripan, terutama pada sisi layar.

Toh, ada juga yang menyatakan Onyx merupakan seri Bold yang diperuntukan khusus T-mobile. Situs Cio.com misalnya, beranggapan bahwa penggunaan nama Onyx disebabkan RIM belum menyiapkan piranti itu secara resmi. Selain itu, Cio juga melihat rencana dari T-mobile memperkenalkan garapan barunya jelang akhir tahun 2009.

Sayang belum ada info, seberapa dalam calon konsumen bakal merogoh kocek untuk mendapat satu Onyx. Mengingat ada 3G dan fisik mirip Bold, bisa jadi harga Onyx melesat lebih tinggi. Bagi yang penasaran, tunggu saja hingga November mendatang.

*Research-in-motion-3G-technology

Written by Hasyim

Oktober 11, 2009 pada 8:18 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Onyx ama gemini bagusan mana??
    Harganya berapaan ya di indo?
    Mohon sarannya pak Hasyim…
    Hidup TORISHIMA😉

    arief

    Oktober 16, 2009 at 2:26 pm

  2. Terima kasih mas Arief, sudah mampir ke blog saya. Gimana kabarnya di Jepang? Atau lagi di Abu Dhabi sekarang? Semoga sehat wal’afiat selalu… Amien..
    Untuk pertanyaan Onyx atau Gemini? wah.. saya belum punya, jadi belum bisa info pasti..he.. tapi kalau sekedar informasi saja Onyx adalah generasi hp dgn fitur tambahan yang lebih canggih.
    Ok terima kasih mas Arief, sampai jumpa di Indonesia, salam juga buat mas Emir.

    Hidup Torishima…

    Hasyim

    Oktober 16, 2009 at 5:55 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: