EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

PENGENALAN ISO 9001:2000

with one comment

PENDAHULUAN

ISO 9001-2000 digunakan untuk mendokumentasikan, menerapkan dan mendemonstrasikan sistem manajemen mutu. Referensi normatifnya adalah ISO Quality Management systems Fundamentals and vocabulary dan ISO 9004 Quality Management systems Guidelines for performance improvement.

 

TUJUAN

Peranan dan Tujuan ISO 9001 adalah sebagai berikut :

-Menetapkan aturan-aturan dasar untuk sistem manajemen mutu terhadap semua produk dan jasa.

-Membantu Perusahaan untuk memastikan bahwa perusahaan itu mampu memproduksi jasa / barang yang dijanjikan kepada pelanggan.

Suatu Perusahaan yang telah menerapkan sistem jaminan mutu ISO 9001 adalah dengan bukti dokumen SERTIFIKAT ISO 9001:2000.

 

CARA MENDAPATKAN ISO 9001

* Sertifikasi diperoleh setelah diaudit oleh suatu badan sertifikasi.

* Sertifikat berlaku selama 3 tahun.

* Setiap 6 bulan dilakukan surveillance audit.

* Setelah 3 tahun dilakukan renewal audit.

Proses-proses yang dilakukan dalam sasaran sistem manajemen mutu adalah :

-Peningkatan yang berkesinambungan dari proses berdasarkan pengukuran sasaran.

-Metodologi yang digunakan yaitu PDCA (Plan, Do, Check & Action)

 

TAHAPAN IMPLEMENTASI ISO 9001:2000

=> Tahap persiapan oleh organisasi perusahaan

=> Tahap dokumentasi oleh organisasi perusahaan

=> Tahap penerapan oleh organisasi perusahaan

=> Tahap Audit dan Sertikasi oleh Badan Sertifikasi.

1. TAHAP PERSIAPAN

-Komitmen dari pimpinan puncak

-Ikut pelatihan/briefing ISO 9001-2000

-Menentukan ruang lingkup penerapan

-Menyusun kebijakan dan Sasaran mutu

-Menetapkan steering comittee / working team

-Pelatihan ISO 9001:2000 untuk working team

2. TAHAP DOKUMENTASI

-Melakukan policy Deployment termasuk Quality Improvement program

-Lakukan process Mapping

-Identifikasi dan tetapkan dokumentasi yang diperlukan

-Desain dan pengembangan dokumentasi.

3. TAHAP PENERAPAN

-Komunikasikan keseluruh karyawan

-Penerapan sistem ISO 9001:2000 termasuk quality improvement program

-Pantau penerapan feedback

-Tindakan koreksi dan revisi dokumentasi (bila diperlukan).

4. TAHAP AUDIT

-Pelatihan internal audit

-Pelaksanaan internal audit

-Pelaksanaan management review

-Efektifitas pencapaian sistem mutu, proses dan produk

-Menjalankan tindakan koreksi.

5. SERTIFIKASI

-Hubungan badan sertifikasi

-Diskusikan ruang lingkup dan progress penerapan

-Trial audit oleh badan sertifikasi

-Asessment oleh badan sertifikasi

-Sertifikasi ISO 9001:2000

-Surveillance audit (setiap 6 bulan)

-Resertifikasi (setiap 3 tahun).

 

Penulis : Hasyim Ibrahim

Book : ISO 9000 Quality Management Systems Fundamentals and Vocabulary

 

 

Written by Hasyim

November 12, 2009 pada 3:01 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. makasih infonya.
    menambah wawasan baru bagi yg baru belajar audit iso.

    iso 9001:2000

    Januari 2, 2010 at 12:09 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: