EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Raja Sains Indonesia 2009

leave a comment »

Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia (OSN-PTI) hampir seluruhnya dimenangkan oleh Institut Teknologi Bandung. Mereka mengalahkan puluhan universitas di Indonesia lainnya.

Untuk juara satu bidang kimia, semua dimenangkan oleh ITB. Pada posisi satu ada Boanerges Thendi Surya, posisi dua ada Citra Deliana, posisi tiga ada Aulia Sukma. Sama halnya untuk bidang fisika, semua juga dimenangkan oleh ITB, juara satu Andhika Putra, juara dua Firmansyah Khasim, juara tiga Radius Nagasa. SSD.

Sedangkan untuk bidang matematika, tidak semua dikuasai oleh ITB, untuk bidang ini Universitas Indonesia (UI) memegang andil. Juara satu tetap dipegang oleh ITB Akbar W.K, juara dua Hendra H.C, dan juara tiga Ahmad Maimun dari UI.

“Saya tidak menyangka sama sekali, ini kejutan. Saya tidak punya persiapan khusus, hanya belajar biasa dan pembinaan sekedarnya dari dosen,” jelas Boanerges Thendi Surya, pemenang pertama bidang kimia usai pemberian penghargaan pada malam penganugerahan pemenang OSN PTI tersebut di gedung dikti, Jakarta, Rabu (9/12).

Menurutnya, persaingan cukup ketat. Ia juga mengaku sempat ragu pada pertandingan itu. Namun, ia tetap menyimpan rasa optimis untuk menang dan benar ia bisa memenangkan kompetisi bergengsi ini.

Hal senada dikatakan oleh pendamping peserta OSN PTI dari Jawa Barat (ITB), Sparisoma Viridi. Menurutnya persiapan dilakukan seadanya dan mereka tidak mengadakan pelatihan khusus. Namun mereka tetap memberikan rekomendasi serta sarana dan prasaran yang dibutuhkan peserta.

Koordinator Dewan Juri OSN PTI, Yasman juga mengaku terkejut dengan dominannya ITB dalam kompetisi tersebut. Menurutnya pada OSN PTI tahun lalu, ITB tidak begitu menonjol. Tahun ini justru ITB yang kuat.

“Sebenarnya ada kans daerah bisa menang. Dalam bidang matematika, pada semifinal, nilai mereka rata-rata tinggi. Punya kans yang sama masuk final. Hanya saja persiapan mereka kurang matang dibanding ITB,” tandasnya.

Juara pertama mendapatkan hadiah Rp 7,5 juta untuk masing-masing bidang, juara kedua mendapatkan Rp 5 juta untuk masing-masing bidang dan juara ketiga mendapatkan Rp 2,5 juta untuk masing-masing bidang.

Sedangkan untuk terbaik dari grandafinal mendapatkan tambahan hadiah sebesar Rp 10 juta dan ini dimenangkan oleh tiga orang juara pertama dari fisika, kimia dan matematika tersebut.

Untuk kampus yang memenangkan, juga mendapatkan dana pembinaan. Untuk pemenang pertama mendapatkan Rp 100 juta untuk masing-masing bidang, juara kedua sekitar Rp 75 juta untuk masing-masing bidang dan juara ketiga mendapatkan Rp 50 juta untuk masing-masing bidang. “Total hadiah yang diberikan oleh pertamina senilai Rp 2 miliar 235 juta,” ungkap Sekretaris Perseroan PT Pertamina, Toharso.

*Berita OSN PTI

Written by Hasyim

Desember 28, 2009 pada 10:40 am

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: