EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Mengenal Portal Aplikasi Layanan Musik

leave a comment »

Mengunduh musik full track, makin gampang saja. Saat ini banyak sekali portal musik yang menyediakan layanan ini. Telkomsel, misalnya, mengembangkan portal musik bertajuk Langit Musik. Di luar Langit Musik ada belasan bahkan puluhan portal sejenis yang menyediakan layanan pengunduhan musik berbayar. Diantara portal itu ada yang menyediakan pengunduhan musik full track tanpa bayar alias gratis.

Konsep pengunduhan musik dari portal tanpa membayar, kini tengah dikembangkan Nokia Indonesia melalui layanan Comes With Music. Pengguna ponsel Nokia tipe tertentu bisa menikmati layanan ini dari ponselnya maupun personal computer/laptop.

Nokia Ovi merupakan mal virtual yang dikembangkan Nokia untuk memenuhi pelanggan. Melalui portal ini pelanggan bisa mengunduh berbagai aplikasi, musik, games, peta(maps). Ovi juga menyediakan layanan sinkronisasai kontak, calendar, layanan messaging (push mail), juga penjualanan aneka aplikasi baik produk Nokia maupun pihak ketiga.

Comes With Music merupakan pengembangan lebih lanjut dari aplikasi Ovi Music.
Service & Software Manager PT Nokia Indonesia, Hayati Lawidjaya menyatakan bahwa Nokia tidak menerapkan model pengunduhan berbayar dengan menggunakan voucher untuk Indonesia. ” Kami lebih memilih menyediakan layanan musik secara gratis sebagai nilai tambah menggunakan ponsel musik Nokia,”papar Hayati.

Strategi yang dikembangkan menyesuaikan dengan pelanggan di Indonesia agar mereka tidak perlu mendownload satu-satu dan membayar dengan model voucher. ” Pelanggan bisa mengunduh semua musik secara gratis,” kata Hayati. Untuk bisa menikmati layanan ini pelanggan terlebih dahulu harus memiliki akun Nokia Ovi serta menggunakan ponsel yang telah dilengkapi dengan aplikasi Comes With Music.

Di Indonesia layanan Comes With Music bisa dinikmati para pengguna Nokia X6 dan N5530. Dalam waktu dekat Comes With Music juga bisa dinikmati para pengguna Nokia N97, N5800 dan N5230. ”Akan ada banyak ponsel yang mendukung Comes With Music, sehingga pelanggan memiliki banyak pilihan,” kata Senior Marketing Manager Nokia,Goh Doh Han.

Sejauh ini Nokia telah menyiapkan berbagai ‘barikade’ agar layanan ini bisa dinikmati oleh pihak yang memang berhak menikmati layanan dimaksud, sekaligus melindungi kekayaan intelektual melalui mekanisme digital right management. Dalam hal ini dikembangkan sistem private identity number (PIN) untuk mengaktifkan layanan ini, yang terdiri dari 16 angka/huruf.

Pin inilah yang digunakan saat melakukan registrasi ke layanan Comes With Music melalui portal Nokia Ovi. Bila aktivasi dilakukan melalui ponsel, pengguna cukup mengaktifkan Music Store, selanjutnya memilih menu join/bergabung dengan Comes With Music. Saat bergabung pertama kali, Anda akan diminta memasukan user name dan password akun Ovi Anda, serta PIN aktivasi yang tersedia dalam paket penjualan.

Bila Anda menggunakan PC, terlebih dahulu install aplikasi pemutar musik Ovi. Untuk registrasi awal, selain user name dan password, Anda akan diminta memasukan PIN registrasi. Bila Anda telah melakukan aktivasi melalui ponsel, untuk menikmati layanan ini di PC/Laptop cukup memasukan user name dan password akun Nokia Ovi.

Musik yang diunduh di PC, bisa ditransfer ke ponsel yang telah didaftarkan.Anda juga bisa mendengarkan musik dari PC. Namun musik yang didownload di PC atau ponsel tidak bisa dinikmati di perangkat lain yang tidak terdaftar. Namun demikian, Anda bisa berganti perangkat satu bulan satu kali.

Come With Music menyediakan koleksi musik full track yang cukup lengkap. Terdiri dari 16 kategori utama–antara lain Bollywood, klasik, country, dance, dangdut, pop, Indie dan Jazz. Kategori lain yang tersedia adalah rock, pop, R&B, Soundtrack dan musik global lainnya.

Sejauh yang bisa diamati, Comes With Music berusaha menjadi mal virtual yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Browsing koleksi yang ada tidak sulit. Portal ini menyediakan navigasi yang user friendly. Untuk mendapatkan musik yang Anda inginkan, Anda bisa memanfaatkan search engine dengan menuliskan nama album, penyanyi atau grup band.

Dari 16 jenis musik, terdapat keroncong. Masih belum jelas, apakah kecondong juga terdapat di portal global atau hanya ada di portal Indonesia. Dibandingkan dengan jenis lagu lain, koleksi keroncong masih terbatas. Saat saya masuk ke kategori musik keroncong, tersedia belasan album. Yang menarik, sebagian besar album adalah produk asing. Pada kategori keroncong, Anda juga bisa menemukan orkes gambus Al Hidayah produksiSmithsonian Folkway Recording tahun 1995, ada atau album musik Sunda.

Yang menarik, pada kategori ini terdapat satu album produk tahun 50-an, bertajuk Suara Bintang Baru dengan lagu unggulan Waktu Potong Padi. Album yang nama asliny Kroncong Panjanji ini digitalisasi pada April 2009 oleh Disky. Ada juga Album Hetty Koes Endang bertajuk Keroncong Layu Sebelum Berkembang produk Musica Studio. Produk tahun 80-an ini digitalisasi pada April 2008.

Belum banyak, memang koleksi lagu keroncong di Comes With Music. Untuk kategori lain, Anda barangkali akan terkaget-kaget. Koleksi lagu-lagu lama dan baru cukup lengkap. Cobalah cari entry Louis Amstrong, Anda akan menemukan 193 album, 11 single dan 3.594 lagu. Koleksi blues portal ini mencapai 41 ribu lagu.

Untuk lagu-lagu pop Indonesia, tersedia koleksi dari lagu jadul hingga single terkini. Anda bisa mendapatkan album-album melo dari Rinto Harahap, Andi Meriem Mattalata atau Hetty Koes Endang. Anda bisa mengkoleksi album lengkap karya Iwan Fals atau Slank. Tak sulit mendapatkan lagu Drive, Hijau Daun, The Potter.

Memang untuk lagu-lagu Indonesia masih belum selengkap lagu-lagu internasional. Hal ini memang tidak lepas dari digitalisasi–era kaset– karya-karya pemusik kita yang masih terbatas. Juga masih terbatasnya kerja sama antara Nokia dengan industri musik tnah air, utamanya perusahaan-perusahaan rekaman lokal atau perusahaan kecil.

Ke depan, portal ini akan semakin kaya koleksinya, seiring dengan makin banyaknya industri musik yang bergabung serta digitalisasi karya-karya pemusik kita. Satu peluang baru bagi industri musik Tanah Air ada di depan mata. Juga telinga Anda akan semakin dimanjakan oleh koleksi yang ada di Comes With Music.

Written by Hasyim

Maret 30, 2010 pada 8:17 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: