EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Manfaat Konsumsi Buah Anggur

leave a comment »

Manfaat anggur sebagai minuman beralkohol sudah banyak diteliti. Namun, konsumsi buah utuh anggur juga tak kalah hebat. Tak tanggung-tanggung, buah itu diyakini dapat mengurangi risiko diabetes dan sakit jantung.

Peneliti dari juga menyatakan, anggur juga mengurangi risiko tekanan darah rendah, meningkatkan fungsi jantung dan meminimalisir resiko sindrom metabolisme, gangguan yang disebabkan metabolisme tubuh yang tidak sempurna dan kardiovaskular.

Klaim itu didasarkan penemuan zat pada anggur yang diketahui sebagai fitokimia, semacam antioksidan yang umumnya terdapat pada tanaman. Sebelumnya, peneliti memberi semacam cairan anggur pada hewan percobaan untuk mengatasi gangguan metabolisme, sebuah kondisi yang mungkin berkembang menjadi diabetes tipe 2.

Saat itu, peneliti menggabungkan sejumlah anggur seperti anggur hijau, merah dan hitam dan kemudian diberikan kepada tikus sebagai bagian dari paket makanan kaya lemak, mirip seperti paket makanan kebanyakan warga AS.

Kemudian, peneliti membagi hewan percobaan itu menjadi dua kelompok. Untuk kelompok pertama, diberikan paket makanan dari anggur dan kelompok kedua diberikan paket makanan kaya lemak dan gula.

Setelah tiga bulan, tikus-tikus yang menerima diet anggur diketahui mengalami penurunan tekanan darah, fungsi jantung lebih baik, dan adanya tanda pengurangan radang di hati dan darah ketimbang tikus yang tidak menerima paket makanan anggur. Tak hanya itu, tikus pada kelompok pertama memiliki kadar trigliserida lebih rendah dan peningkatan toleransi glukosa.

Pakar Penyakit Dalam Dr Steven Bolling mengungkapkan, alasan yang memungkinkan dibalik minimnya resiko sindrom  metabolik adalah adanya perlindungan aktif dari fitokimia terhadap sel hati dari kerusakan akibat penyakit tersebut.

“Pada tikus, peradangan jantung dan fungsi jantung dipertahankan jauh lebih baik,” tukasnya seperti dikutip dari Telegraph, baru-baru ini.
Ia menuturkan, meskipun tak ada keterkaitan langsung antara riset tertentu dan apa yang harus dilakukan manusia, sangat menarik untuk menyarankan menjalani diet buah-buahan kaya fitokimia, seperti anggur yang mungkin bermanfaat bagi manusia.
Bolling menambahkan, untuj mereka yang ingin menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko diabetes sebaiknya mencoba dan menjalani pola konsumsi yang baik seperti mengkonsumsi makanan rendah lemak dan kolesterol. Selain itu, coba kontrol berat badan dan jalani olahraga secara teratur.

Written by Hasyim

Mei 4, 2010 pada 1:17 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: