EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Penerapan Program Eco Office

with one comment

Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta mendorong dan mengimbau agar perkantoran menjadi “eco office” yang menerapkan manajemen mutu lingkungan dalam rangka pengurangan efek pemanasan global. “‘Eco Office’ sangat penting, merupakan bagian dari salah satu program pengurangan efek pemanasan global,” kata Gusti Muhammad Hatta di Jakarta.

Hal itu disampaikannya usai menyaksikan penyerahan sertifikat ISO 14001:2004 kepada Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) regional Sulawesi, Maluku dan Papua (Sumapapua) dari PT TUV Internasional Indonesia. PPLH regional Sumapapua merupakan lembaga pemerintahan yang pertama sekali memperoleh ISO 14001. Sementara di seluruh Indonesia telah diterbitkan sebanyak 403 sertifikat ISO tersebut.

Menteri menjelaskan bahwa penggunaan energi matahari sangat dianjurkan untuk penerangan alami sehingga pemakaian listrik bisa dikurangi. Menteri mencontohkan seperti di Bali, gubernurnya hanya memberikan izin bagi hotel yang menggunakan sedikitnya 10 persen energi matahari. “Di kantor Kementerian Lingkungan Hidup juga begitu, akan melakukan penghematan air, membuat biopori dan sistem resapan air tanah,” tambahnya.

“Eco Office” adalah perkantoran yang menerapkan manajemen mutu lingkungan yang sesuai dengan standar internasional. Kegiatan “eco office” difokuskan pada efisiensi barang dan peralatan, efisiensi energi listrik dan BBM, efisiensi air baku dan air minum, penanganan limbah padat maupun cair, serta pengelolaan gedung dan fasilitas kantor, pengelolaan ruang terbuka hijau dan pengelolaan kendaraan kantor.

“Eco Office” sangat diperlukan karena setiap hari kantor menghabiskan kertas, air, listrik dan menimbulkan limbah domestik yang mencemari lingkungan. Penerapan “eco office” sejalan dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2005 tentang penghematan air dan listrik. KLH juga sudah menerbitkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 16 Tahun 2009 tentang Kantor Peduli Lingkungan.

Written by Hasyim

September 16, 2010 pada 1:02 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

Tagged with

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Baguslah, kayak di Inggris yg melakukan penghematan..

    Orisogi

    Oktober 1, 2010 at 8:06 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: