EDISI SPESIAL

Arsip 2008~2014

Kreasi Daur Ulang Kertas

with 3 comments

Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Mulai sekarang hilangkan sifat masa bodoh,karena lingkungan bersih dan sehat diawali dengan kepedulian dan komitmen.

Berurusan dengan sampah bukanlah hal menjijikan. Justru bisa menjadi kegiatan menyenangkan ketika anda bisa berkreasi. Ambil contoh limbah kertas, selama ini sampah kertas hanya digunakan untuk sumbu membakar sampah padahal bisa lebih dari itu. Sampah kertas bisa menjadi kertas kembali dengan tampilan lebih unik.Tentu sesuai kreasi anda

Caranya cukup mudah, yang anda butuhkan hanyalah dua buah penyaring kertas, baskom,blender,triplek atau papan kayu, kertas dan papan kayu kecil.

Cetakan kertas dapat dibuat sendiri dengan mudah. Buat seperti bingkai dengan ukuran kertas yang akan dibuat lalu tambahkan filter dengan menggunakan kain katun,posisinya persis penyaring pasir yang sering anda lihat.

Kemudian,siapkan bahan dasar kertas sesuai dengan kebutuhan.Sobek kertas menjadi bagian kecil lalu taruh dalam baskom kemudian rendam. Untuk memadatkan bisa diberikan tepung kanji dengan perbandingan 2:1.

Selesai dicampur, rendam beberapa saat, peras layaknya cucian kemudian masukan blender. Untuk memecah kertas menjadi bagian halus, rendaman kertas tadi diblender sebanyak 10 kali.

Usai diblender, masukan kembali ke baskom tanpa air. Setelah itu masukan cetakan kertas berupa saringan layaknya penambang emas yang menyaring pasir-pasir ditepian sungai. Setelah diangkat maka tempelkan cetakan kertas bagian lain dibaliknya. Gosoklah dengan menggunakan semacam papan kayu kecil hingga kandungan air yang ada hilang.

Setelah itu, cetakan yang berada diatas diangkat, kemudian ditutup dengan triplek. kemudian balik bagian yang ditutup triplek sehingga membentuk semacam kertas.Lalu keringkan ditempat yang panas, hingga kering benar. Maka jadilah, kertas daur ulang kreasi anda.

Jika anda ingin menambahkan warna, bisa menggunakan pewarna buatan yang berada ditoko-toko kue. Namun, jika anda ingin memberikan warna dengan bahan alami maka gunakan bahan-bahan sebagai berikut,

jika menginginkan warna kuning, maka gunakan kunyit yang diparut kemudian di disaring menggunakan kain. Lantas campurkan dengan rendaman kertas yang akan diblender.

Kalau menginginkan warna biru menggunakan daun pandan, warna hitam menggunakan daun gambir, pacar cina gunakan merah muda dan nila bisa digunakan untuk memberi warna biru. Semuanya dilakukan dengan cara yang sama diparut dan saring.

Kebersihan berawal kepedulian diri,ingin menjadi bagian dari masyarakat yang peduli lingkungan maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Selain itu, jika anda menginginkan, kreasi yang anda buat bisa menjadi penghasilan tambahan.

Written by Hasyim

November 5, 2012 pada 4:34 pm

Ditulis dalam FORUM HASYIM

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Perusahaan besar seperti IKEA dan basis Furniture fantastis strategi mereka di sekitar menyediakan furniture dengan harga murah, misalnya, misi IKEA lain adalah untuk “membuat perabot rumah yang dirancang dengan baik dengan harga yang sangat rendah sehingga banyak orang mungkin akan mampu membelinya “. Mereka melakukan ini dengan menggunakan bahan yang mahal paling mungkin, seperti yang dilakukan sebagian besar penyedia furnitur utama. Dalam hampir semua kasus, ini berarti papan partikel atau MDF atau mirip. Namun, produsen, untuk mempertahankan reputasi untuk kualitas dengan biaya rendah, dapat menggunakan nilai yang lebih tinggi dari papan partikel, misalnya, lebih tinggi papan densitas partikel, papan partikel tebal, atau papan partikel menggunakan berkualitas tinggi resin. Satu dapat mencatat jumlah menggelayut di rak dengan lebar diberikan dalam rangka untuk membedakan perbedaan.

    Sugel

    November 10, 2012 at 11:44 am

  2. Usai diblender, masukan kembali ke baskom tanpa air. Setelah itu masukan cetakan kertas berupa saringan layaknya penambang emas yang menyaring pasir-pasir ditepian sungai. Setelah diangkat maka tempelkan cetakan kertas bagian lain dibaliknya. Gosoklah dengan menggunakan semacam papan kayu kecil hingga kandungan air yang ada hilang.

    silver account

    Desember 3, 2012 at 7:33 pm

  3. Di pabrik modern, pembuatan kertas dilakukan menggunakan mesin secara beberapa tahap. Pertama-tama, kayu dipotong kecil-kecil terlebih dahulu menggunakan mesin chipping. Potongan kayu ini kemudian dimasak di dalam digester untuk memisahkan serat kayu (bahan yang digunakan untuk membuat kertas) dengan lignin. Proses pemasakan ini ada dua macam, yaitu chemical pulping process dan mechanical pulping process. Dari proses ini, dihasilkanlah bubur kertas atau yang biasa disebut pulp.Sebelum masuk ke areal paper machine, pulp diolah dulu pada bagian stock preparation. Bagian ini berfungsi meramu bahan baku seperti menambahkan pewarna untuk kertas, menambahkan zat retensi, dan menambahkan filler (untuk mengisi pori-pori di antara serat kayu). Bahan yang keluar dari bagian ini disebut stock, campuran antara pulp, bahan kimia, dan air.

    offshore corporations

    Desember 3, 2012 at 10:28 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: